Desain Kemasan


Merancang item kemasan pertama Anda bisa tampak seperti usaha yang menakutkan, namun dengan desain 2D Anda ke 3D tidak perlu takut. Ini adalah panduan cepat awal untuk merancang kemasan, dari mana perangkat lunak digunakan untuk mengetahui tentang berbagai bentuk dan gaya kemasan. Anda juga akan belajar bagaimana mempersiapkan karya seni 2D untuk dicetak, dan kita akan melihat beberapa hasil cetak yang berbeda yang dapat Anda terapkan pada desain Anda.


1. Pilih Perangkat Lunak Terbaik untuk Pekerjaannya
Sebelum Anda mulai merancang kemasan Anda, Anda perlu mempertimbangkan dengan hati-hati program mana yang terbaik untuk menangani pekerjaan Anda. Kebanyakan perancang kemasan akan mengirimkan karya seni 2D mereka ke produsen dalam format vektor. File vektor bersifat skalabel, dan mudah untuk membuat template dieline dengan menggunakan tool garis dan bentuk pada program vektor seperti Adobe Illustrator atau Inkscape.

Ini menjadi sedikit rumit saat Anda ingin memvisualisasikan desain Anda seperti produk 3D, karena sebagian besar perangkat lunak vektor dirancang untuk menghasilkan gambar 2D, namun Anda dapat menemukan plugin atau program yang berbeda untuk membantu pada tahap ini. Esko adalah plugin perangkat lunak untuk Illustrator yang memungkinkan Anda melipat garis potong dan membuat desain dalam format 3D. Anda juga bisa memutar kemasannya, memungkinkan Anda melihat desain dari berbagai sudut. Beberapa desainer kemasan juga menyukai Cinema 4D, yang membuat desain datar Anda menjadi format 3D.
Banyak perancang kemasan akan melewatkan Esko atau Cinema 4D untuk membuat desain fotorealistik di Adobe Photoshop, yang akan kita lihat lebih dalam nanti di panduan ini.

2. Buat Dieline
Dieline adalah template datar untuk paket. Hal ini biasanya disatukan oleh perancang kemasan dalam program vektor, seperti Illustrator, menggunakan garis dan bentuk sederhana.



Dieline harus menunjukkan di mana template kemasan harus dipotong dan di mana harus dilubangi (cetakan dibuat oleh mesin, siap dilipat). Karena ini adalah dua lembar informasi terpisah untuk printer, garis potong (trim) dan garis perforasi (lipatan) harus ditempatkan pada lapisan terpisah dan sebagai warna spot, yang berarti pemotongan dan pemangkasan akan dilakukan pada tahap yang berbeda.
Sebaiknya ganti nama lapisan dieline dalam dokumen Illustrator Anda menjadi 'DO NOT PRINT', yang merupakan catatan yang jelas bagi produsen bahwa lapisan ini ditujukan untuk pemrosesan pasca cetak.

Menciptakan dielines Anda sendiri dari awal dapat dimulai dulu, tapi akan lebih mudah dengan latihan. Cara yang baik untuk berlatih adalah menemukan kotak yang sangat sesuai dengan dimensi yang Anda inginkan untuk desain kemasan Anda sendiri, bongkar dan diukur. Gunakan pengukuran ini sebagai dasar untuk membuat dieline Anda sendiri.

3. Kotak Tidak Hanya Kotak
Berpikir hanya sebuah kotak? Pikirkan lagi! Lihatlah rumah atau kantor Anda dan temukan beberapa contoh kemasannya - Anda akan melihat bahwa hampir semuanya ada semacam kotak, namun ukuran, kedalaman, dan bentuknya bervariasi, dan mungkin ada tutup yang terintegrasi dengan desain, atau tutup yang terpisah. Meskipun kotak dapat muncul dalam berbagai bentuk, untuk tujuan teknis yang perlu Anda ketahui adalah bahwa kotak tersedia dalam dua format produksi: kotak penyimpan dan karton lipat. Kotak penyimpan lebih mahal untuk diproduksi dan digunakan untuk produk kelas atas, seperti kemasan eceran, kembang gula khusus, dan kotak kado. Mereka sering terdiri dari dua bagian, baki atas dan bawah, yang dicetak ke kartu kaku. Kotak penyimpan adalah pilihan yang baik jika Anda ingin menghasilkan sesuatu yang sangat khusus dan tidak keberatan mengeluarkan biaya lebih banyak untuk memproduksinya.



Karton lipat digunakan untuk berbagai macam produk, dari produk makanan hingga barang rumah tangga. Kotak sereal adalah salah satu contoh klasik dari format karton lipat. Karton lipat sering kali terdiri dari satu template saja, yang dibuat sebagai desain 2D lipat, sebelum dikirim ke produsen kemasan untuk dicetak ke kartu, lalu dilaminasi, dilipat, dipotong dan dilem.

4. Ada Banyak Jenis Penutup Kotak
Anda akan menemukan bahwa ada banyak cara berbeda untuk menutup kotak. Sama seperti simpul para pelaut, tampaknya ada puluhan jenis penutup. Banyak dari ini dirancang untuk berfungsi sebagai segel kokoh untuk kotak Anda, dan juga mudah dibuka saat dibutuhkan. Beberapa jenis penutup yang lebih umum adalah:
  • Standard Tuck End
  • Reverse Tuck End
  • Full Overlap Seal End
Membedah beberapa kotak yang tergantung di sekitar rumah Anda - dapatkah Anda mengidentifikasi jenis penutup masing-masing kotak? Tidak ada jenis penutup yang benar atau salah, tapi ada pula yang lebih mudah desain daripada yang lain, dan beberapa penutup yang lebih kompleks bekerja dengan baik tanpa perlu dilem, yang dapat menghemat waktu dan uang pada tahap produksi.




Ada juga beberapa jenis kotak khusus yang memiliki format standar industri dan tipe penutup. Hanya beberapa yang paling umum digunakan adalah:
  • Kotak bantal: bentuk kotak melengkung sederhana, dengan penutup melengkung yang cocok, yang biasanya mengemas permen atau kosmetik.
  • Kotak display: untuk menampilkan item pembelian pada konter dan rak.
  • Lengan yang terkunci: ini adalah kartu yang menutupi makanan siap saji dan makanan lainnya.
  • Kotak gaya buku: dengan bentuk seperti buku dan tutup berengsel, ini sering digunakan untuk mengemas perangkat lunak kustom, barang medis atau kosmetik, seringkali sebagai produk edisi terbatas atau sampel.


 
 
5. Buka Pikiran Anda ke Jenis Kemasan Lainnya
Kemasan tidak hanya terbatas pada kotak - ada banyak jenis paket berbeda yang sesuai dengan tujuannya. Sementara bentuk kotak mungkin relatif mudah dirancang sebagai template 2D, desain untuk item yang kurang tajam, seperti tabung, kantong, dan botol sampul, mungkin sedikit lebih rumit. Di sinilah pengukuran akurat dan pemodelan 3D sangat berguna, memungkinkan Anda untuk menilai dengan tepat bagaimana desain akan terlihat, bahkan pada permukaan yang melengkung.
Beberapa jenis kemasan sebenarnya lebih sederhana untuk diproduksi daripada kotak, yang membuat mereka sangat cocok jika Anda seorang pemula mengenai desain kemasan. Label benar-benar 2D dari awal sampai akhir, tidak lebih dari dimensi panjang dan lebar

6. Buatlah Desain Anda Keren!
Oke, jadi membuat sesuatu yang 'luar biasa' bukanlah hal yang mudah, tapi Anda bisa melakukannya dengan baik untuk menciptakan desain yang menakjubkan hanya dengan beberapa tip pilihan.
Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah membuat tujuan dan merek produk menjadi jelas. Anda bisa melakukan ini dengan memprioritaskan logo, nama produk dan deskripsi produk di sisi depan paket. Ini adalah hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan dalam desain Anda - jika kemasan tidak jelas, konsumen akan melewatinya dan membeli sesuatu yang lebih jelas. Anda juga perlu memastikan bahwa Anda merancang untuk konsumen sasaran. Banyak perancang terkecoh dalam merancang kemasan yang mungkin akan mereka beli, yang pastinya bisa menghasilkan hasil yang bagus, tapi ini bisa membuat Anda menjauhkan target pasar Anda. Bicaralah kepada klien untuk mengambil beberapa pengetahuan mereka tentang target konsumen, dan lakukan riset pasar terhadap kemasan di sektor yang sama untuk mendapatkan rasa warna, grafis dan tipografi yang sesuai untuk pasar produk. 


Tip bagus lainnya adalah merancang kemasan Anda dari perspektif emosional. Kami berinteraksi dengan puluhan produk kemasan setiap hari; karena kita jenuh dengan informasi visual, dibutuhkan sesuatu dengan daya tarik emosional yang nyata agar kita memperhatikannya dan akhirnya membelinya. Desain emosional bisa mengambil banyak bentuk, menargetkan perasaan aspirasi, nostalgia, kegembiraan, atau bahkan ketertarikan fisik. Jauhkan emosi di garis depan desain dan Anda akan mendapati bahwa konsumen lebih tertarik secara alami pada produk.

7. Memungkinkan Ekstra: Promo Stiker, Barcode, & Simbol
Setelah Anda membuat dieline dan mulai merancang kemasan Anda dengan grafis, warna, dan tipografi, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki ruang untuk beberapa item penting dari informasi.
Pertama, tinggalkan sedikit ruang putih di sisi depan desain Anda. Ruang putih tidak perlu benar-benar putih - ini hanyalah area kosong desain yang tidak memiliki grafis atau teks utama. Banyak pengecer akan melakukan penjualan dan promosi, dan mereka akan menghasilkan tawaran potongan harga iklan sticker mereka sendiri. Biarkan setidaknya satu sudut bagian depan paket Anda bebas dari gambar, agar toko bisa melampirkan stiker tanpa menghalangi informasi penting apa pun.





Hal kedua yang perlu Anda izinkan adalah kode batang. Klien mungkin sudah mendaftarkan nomor barcode, namun Anda mungkin perlu menggunakan nomor tersebut untuk menghasilkan gambar kode batang menggunakan generator kode batang online. Ini akan menghasilkan file EPS, siap untuk Anda tempatkan ke desain Anda. Barcode biasanya diletakkan di sisi belakang atau di samping paket, dan agar sesuai dengan standar internasional, kode batang harus setinggi 16 mm.

Anda juga perlu memberi ruang untuk berbagai simbol di bagian belakang dan bawah paket Anda, yang menunjukkan bahwa bahan yang digunakan untuk membuat paket, apakah kemasannya sesuai dengan standar daur ulang dan limbah nasional dan / atau internasional, apakah produk tersebut memenuhi persyaratan standar asosiasi, dan juga bahan dari produk di dalamnya. Jika Anda merancang paket untuk klien, mereka mungkin akan memberi tahu Anda informasi apa yang perlu disiapkan dalam desain, namun Anda perlu tahu apa yang akan dicetak kemasan sebelum Anda dapat mengonfirmasi semuanya. 
Anda dapat mendownload kumpulan vektor simbol paket di sini, yang mencakup penggunaan simbol (untuk menunjukkan waktu setelah pembukaan produk itu harus digunakan), Mobius loops (simbol daur ulang) dan simbol bin yang menunjukkan bahwa produk tidak boleh Dibuang di tempat sampah rumah tangga konvensional.


8. Buat Mockup
Membuat mockup 3D dari karya seni kemasan Anda adalah bagian penting dari proses perancangan, yang memungkinkan Anda dan klien Anda untuk melihat secara tepat bagaimana desain kemasan akan muncul dalam kehidupan nyata. Ada dua cara Anda bisa membuat mockup, dan ini memiliki tujuan yang berbeda. Mockup digital, dimana desain ditempel ke gambar fotorealistik, merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan kepada klien bagaimana desainnya akan muncul. Ini murni bantuan visualisasi, memungkinkan Anda dan klien untuk melihat bagaimana desain mungkin muncul saat berada di rak. Anda bisa membuat gambar mockup produk dari awal di Photoshop (untuk penampilan fotorealistik) atau Illustrator (untuk penampilan seperti kartun), atau cukup membeli template siap pakai. Anda dapat menempelkan desain 2D ke dalam template, dan action atau smart object akan menghasilkan hasil 3D. Anda dapat menemukan berbagai macam template yang tampak realistis di Envato ElementsMetode kedua untuk menciptakan mockup 3D yang memiliki tujuan teknis dan lebih praktis, yang dimaksudkan untuk membantu Anda menentukan apakah desain Anda berukuran dengan benar. Ini melibatkan pencetakan salinan fisik template Anda dan merakitnya.


Mockup ini bisa menjadi dasar yang Anda inginkan - cukup cetak ke kertas printer standar dan jangan terlalu khawatir tentang kualitas cetaknya. Latihan ini murni untuk memungkinkan Anda menilai bagaimana produk melipat dan tetap bersama, dan Anda juga bisa menilai bagian mana dari desain yang paling terlihat oleh konsumen saat berada di rak. Ini juga merupakan proses yang penting untuk menilai ukuran tipe pada desain Anda. Sungguh menakjubkan bagaimana teks bisa terlihat terlalu kecil saat dicetak dalam bentuk hard copy.
Otak-atik desain digital Anda jika Anda perlu, dan mencetak dan mengumpulkan mockup final. Begitu Anda puas dengan hasilnya, Anda dapat membawa ini ke printer sebagai alat untuk menjelaskan dengan tepat bagaimana Anda menginginkan paket itu dirakit.

9. Pahami Pilihan Hasil Cetak Anda
Anda telah membuat dieline, menambahkan elemen dan simbol desain ke template Anda, dan menghasilkan mockup - sekarang Anda siap untuk beralih ke tahap pencetakan. Bagi banyak perancang kemasan pemula, percetakan bisa menjadi bagian paling menakutkan dari proses perancangan. Menyerahkan desain kesayangan Anda kepada pihak lain untuk diproduksi dapat terasa agak mengerikan, namun ada beberapa cara untuk memastikan paket jadi Anda menjadi yang terbaik.

Setelah Anda melacak percetakan potensial, Anda harus membayar kunjungan mereka dan membawa mockup bersamamu. Jauh lebih mudah untuk menjelaskan dengan tepat bagaimana Anda ingin template Anda muncul dengan sampel di tangan, dan percetakan Anda akan menghargai klarifikasi tambahan juga. Mintalah saran mereka tentang persediaan cetak yang sesuai (bahan yang akan dicetak oleh paket Anda), yang mempertimbangkan kekokohan paket yang diinginkan (pertimbangkan bobot produk di dalamnya) dan hasil cetak akhir yang dapat dicapai pada perbedaan pelapis kertas (matte atau gloss) dan berat (kertas yang lebih berat, diukur dalam bentuk GSM, menghasilkan stok yang lebih kuat dan kokoh).
Percetakan juga akan dapat memberi tahu Anda tentang hasil cetak yang sesuai untuk desain Anda. Finishing ini diterapkan setelah template dicetak dan dapat menambahkan dimensi tekstur dan visual tambahan ke paket Anda. Beberapa hasil akhir yang paling populer untuk desain kemasan adalah di bawah ini:
  • Spot Varnish - menciptakan efek gloss tinggi pada sebagian desain Anda, seperti logo atau nama merek.
  • Die Cutting - memotong bagian dari paket untuk membuat efek jendela.
  • Lamination - menambahkan lapisan ekstra ke permukaan kemasan untuk menambahkan gloss atau memberikan kualitas pelindung.
  • Hot or Cold Stamping - menambahkan efek warna metalik atau khusus ke bagian kemasan.
  • Embossing atau Debossing - menciptakan daerah yang terangkat atau tertekan pada kemasan untuk menambahkan tekstur dan kualitas 3D ke grafik datar.

3 comments:

  1. bermanfaat sekali, trims telah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  2. Komplit banget penjelasannya. Semoga blognya makin rame ya gan. Oh iya, buat agan yang perlu kemasan standing pouch, gusset atau flat bottom dengan bahan paper kraft atau aluminium foil, bisa order di https://kemasanpedia.net. Produknya lengkap dan pelayanan cepat.
    Makasih buat om adminnnya

    ReplyDelete

Silahkan memberi komentar untuk siswakubelajar.blogspot.com