ZOOMING PHOTOGRAPHY



Teknik pemotretan untuk memperoleh hasil foto dengan esan objek mendekat/menjauhi kamera dengan lensa zoom. Kecepatan yang digunakan sama dengan kecepatan yang digunakan pada teknik pemotretan panning,yaitu rendah atau dibawah 1/60, supaya saat tirai masih membuka sebelum menutup, ring zoom dapat diputar melebar atau memanjang sesuai objek foto, sehingga diperoleh foto yang berkesan objek foto  mendekat/menjauh.
Fokus sudah dilakukan sebelum ring zoom diputar (prefocus). Memotret zooming bisa menggunakan dengan flash. Jika anda tertarik dan ingin mencoba menghasilkan foto dengan teknik ini, ada baiknya anda menyimak tips berikut ini :
  • Tentukan focus pada objek utama, lalu putar lensa sampai pada zoom terdekat.
  • Lakukan zoom out pada lensa berbarengan dengan saat anda menekan shutter.
  • Untuk menjaga kualitas lensa anda, ada baiknya anda menggunakan fokusmanual.
  • Aturlah speed pada kecepatan yang cenderung rendah, misalkan 1/10s dengan diafragma yang menyesuaikan.
  • Untuk menjaga fokus, ada baiknya menggunakan tripod ketika anda memotret dengan teknik ini. Perhatikan Kombinasi warna dan kontras pada background foto.

Kontrol Zoom
Prinsip utama memotret dengan teknik zooming adalah, setelah Anda telah mengatur kamera ke kecepatan rana lambat, Anda menekan tombol shutter bersamaan dengan zoom baik zoom in atau zoom out dan ini akan secara otomatis mengubah gambar Anda.
Salah satu hal terbaik untuk dilakukan adalah untuk bermain-main dengan teknik zoom yang berbeda saat Anda akan menemukan cara terbaik untuk secara dramatis mengubah efek foto Anda. Coba zoom dengan kecepatan memutar gelang zoom yang berbeda Anda akan terkejut dengan beragam hasilnya yang luar biasa.

Perhatikan Exposure
Meskipun rahasia untuk menciptakan jenis foto zooming adalah dengan menggunakan kecepatan rana lambat, teknik ini hanya akan bekerja dengan baik dalam pencahayaan redup atau pada hari-hari mendung. Anda bisa menggunakan teknik ini di siang bolong asalkan Anda melengkapi lensa Anda dengan filter ND 1000, atau lebih besar, bukaan sempit, dan ISO rendah.
Jika pemotretan dilakukan malam hari, Anda dapat memakai waktu pencahayaan lama dan akan memperoleh efek lampu yang membentuk garis-garis panjang cahaya.

Pastikan Kamera Anda Stabil
Carilah posisi nyaman memegang kamera agar stabil. Anda bisa menggunakan tripod atau monopod, selengkapnya tentang memegang kamera bisa di baca di sini. Cara memegang kamera yang stabil dan nyaman memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil terbaik.

Komposisi
Efek zooming terbaik akan diperoleh jika background memiliki kontras dan warna yang bervariasi. Komposisi subyek yang menjadi fokus sebaiknya berada di tengah background tersebut.

Mode Pemotretan
Anda bisa menggunakan shutter priority (Tv / S) untuk memudahkan Anda ketika exposure berubah – ubah. Atau mode manual. Ini semua memerlukan latihan, dan latihan.

Berikut ini cara melakukan Teknik Zooming Fotografi :
  • Pertamafokuskanobyektepatditengahkemudian zoom in sampaihambir full
  • Saatmenekantombol shoot putargelang zoom in ke zoom out (usahakan secara bersamaan)
  •    Agar lebihamangunakan menu manual focus
  • Pakai Speed rendah sekitar 1/10s dangunakan diafragma yang sesuai dengan backround atau tempat yang kita pilih
  • Disarankan untuk memakai Tripod supaya focus secara maksimal. 
  • Disarankan juga untuk memilih backround yang memiliki kontras dengan banyak warna


             
Lihat Videonya :





1 comment:

  1. videonya sangat mudah untuk praktik, mohon bisa ditambah video tutorial yang lain ya Pak

    ReplyDelete

Silahkan memberi komentar untuk siswakubelajar.blogspot.com